You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tidak Ada Korban Jiwa Dalam Kebakaran di Jatinegara
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Tidak Ada Korban Jiwa Dalam Kebakaran di Jatinegara

Kasie Operasi Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaiman mengungkapkan, dari hasil identifikasi terakhir bersama aparat kepolisian, ternyata tidak ditemukan korban jiwa dalam kebakaran di Jatinegara, Cakung, Minggu (12/6).

Kebakaran diduga terjadi akibat hubungan arus pendek listrik dari cerobong mesin pengupas plastik. Kerugian materi yang ditaksir mencapai Rp 2 miliar

Sebelumnya Ia menyatakan kebakaran tersebut menelan korban jiwa. Diduga ada satu korban jiwa yang ditemukan dalam kondisi gosong. Namun ternyata belakangan diketahui benda tersebut adalah hanya manakin atau patung orang berbahan plastik. 

Pabrik Plastik di Jatinegara Terbakar

"Ternyata tempat yang dicurigai ada korban jiwa, sampai saat ini nihil. Yang ditumpukan plastik tidak ditemukan korban jiwa," ujar Gatot meralat pernyataan sebelumnya yang menyebut dugaan ada korban lima tewas tertimbun plastik.

Simpang siur adanya korban jiwa karena awalnya semua karyawan di pabrik itu panik dan kehilangan rekan-rekannya. Sehingga muncul dugaan ada korban jiwa. Namun untuk memastikannya petugas Damkar terus melakukan pencarian korban di lokasi kejadian. Sekitar pukul 14.15 pencarian dihentikan dan hasilnya nihil.

Gatot menyebut, areal yang terbakar adalah  pabrik pengolahan plastik milik Mathori (46) dan Haryanto (55). Di dalamnya terdapat sekitar 50 lapak pengolahan plastik dan 50 pintu rumah petak milik karyawan. Rumah petak dihuni oleh sekitar 52 KK atau 150 jiwa.

"Kebakaran diduga terjadi akibat hubungan arus pendek listrik dari cerobong mesin pengupas plastik. Kerugian materi yang ditaksir mencapai Rp 2 miliar," lanjut Gatot.

Sementara, Perwira Unit (Panit) Reskrim Polsek Cakung, Ipta Budi mengatakan, hasil penyelidikan di lokasi kejadian tidak ditemukan adanya korban jiwa. Semula memang ia juga mendapat kabar kalau ada lima korban tertimbun di lokasi kejadian. Namun setelah api padam ternyata hanya tumpukan plastik.

"Setelah kita selidiki ternyata hanya tumpukan plastik, dikira manusia. Memang tadi sangat mengejutkan ada lima korban tapi setelah dicek tidak ada satupun korban," ungkap Iptu Budi.

Lurah Jatinegara, Ali Mansyur Siregar menambahkan, kebakaran yang terjadi di wilayahnya adalah pabrik pengolahan plastik milik Haryanto dan Mathori. Di dalam pabrik plastik itu terdapat puluhan bangunan semi permanen.

"Yang terbakar pabrik olahan plastik. Lokasinya berada di dalam kawasan milik PT Taruma Jaya yang terletak di Jalan Rawa Kepiting," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1266 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1236 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1186 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1068 personNurito
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye802 personBudhi Firmansyah Surapati